Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis peradaban Indonesia
dan dunia.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi peradaban
awal masyarakat di dunia yang
berpengaruh terhadap peradaban Indonesia.
Indikator :
Kognitif
1. Menjelaskan pusat-pusat peradaban di lembah
sungai Nil
Kinerja/produk
1. Mendeskripsikan
bentuk kebudayaan Mesir Kuno
Psikomotorik
1. Melakukan pengamatan dalam buku tentang
cara membuat mummi
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pelajaran
berakhir dengan buku tertutup siswa dapat :
1. Menjelaskan pusat-pusat peradaban di Lembah Sungai Nil
2.
Mendeskripsikan bentuk kebudayaan Mesir Kuno baik itu sistem pemerintahan,
kepercayaan, budaya, dan kesenian.
Melalui
penugasan diharapkan :
1.
Siswa dapat mengetahui cara pembutan Mummi
Materi
Pembelajaran
“Pusat
peradaban di Lembah Sungai Nil”
materi terlampir
Metode Pembelajaran :
Ceramah, Pemberian Tugas, diskusi dan presentasi.
Langkah-langkah
Kegiatan
a.
Kegiatan Awal
- Apersepsi : Memberi Pertanyaan tentang kebudayaan dan peradaban
- Motivasi : menunjukkan gambar-gambar peninggalan kebudayaan Mesir Kuno
- Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini
b.
Kegiatan Inti
- Penjelasan awal tentang bentuk kebudayaan dan peradaban di lembah sungai Nil
- Membagi siswa menjadi 4 kelompok
- Kelompok 1 membahas tentang Sistem Pemerintahan Mesir
Kuno
- Kelompok 2 membahas tentang Sistem kepercayaan Mesir Kuno
- Kelompok 3 membahas tentang Peninggalan Budaya Mesir Kuno
- Kelompok 4 membahas tentang Ilmu Pengetahuan Mesir Kuno
- Diskusi
Masing-masing
kelompok dengan tema yang berbeda menyajikan hasil pembahasan materi.
Presentasi wakil satu kelompok yang lain saling melengkapi.
c.
Penutup :
1. Memberikan pembahasan
terhadap hasil diskusi
2. Menyimpulkan materi
3. Memberi tugas untuk mencari
dan mengamati di berbagai sumber baik itu buku, internet dll mengenai cara
pembuatan Mummi.
Alat/Bahan/Sumber/Media
Belajar:
1.
Alat : Gambar-gambar hasil peninggalan Mesir Kuno
2. Sumber : Buku pelajaran sejarah Sma
kelas X
3.
Media Belajar : Power point
Penilaian :
1.
Tes Lisan (Penilaian
Kognitif)
2. Penilaian kinerja berupa laporan pengamatan pembuatan Mummi
3.
Penilaian psikomotorik yaitu proses dalam kerja
kelompok dan diskusi (petunjuk kegiatan dalam LKS)
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
Lembar Penilaian dan Butir Soal
|
Kunci Lembar Penilaian
|
|
Menjelaskan pusat peradaban di
Lembah Sungai Nil
|
Siswa dapat menjelaskan pusat peradaban di
Lembah sungai nil
|
Tes lisan dalam RPP
|
Kunci jawaban dalam
RPP
|
|
Mendeskripsikan
bentuk kebudayaan mesir kuno
|
Siswa dapat mendeskripsikan bentuk kebudayaan mesir kuno baik itu sistem pemerintahan, kepercayaan, budaya, dan kesenian.
|
Tes kinerja dalam RPP
|
Kunci jawaban dalam
RPP
|
|
Melakukan pengamatan dalam buku tentang cara membuat mummi
|
Siswa dapat mengetahui cara pembutan Mummi
|
Tes kinerja
dalam RPP
|
Kunci RPP
|
TES LISAN
1. Mengapa negeri
Mesir dijuluki sebagai “ hadiah sungai
nil”?
SOAL DISKUSI KELOMPOK
1.
kelompok 1 membahas tentang Sistem Pemerintahan Mesir Kuno ?
2.
Kelompok 2 membahas tentang Sistem kepercayaan Mesir Kuno ?
3.
Kelompok 3 membahas tentang Peninggalan Budaya Mesir Kuno ?
4.
Kelompok 4 membahas tentang Ilmu Pengetahuan Mesir Kuno ?
KUNCI JAWABAN
Tes Lisan
1. Karena daerah ini subur dengan adanya sungai nil
Diskusi
1. Mesir
Kuno diperintah oleh seorang raja yang bergelar Pharao's (Fir'aun),
Rakyat menganggap raja adalah seorang dewa yang diutus untuk memerintah dunia.
Fir'aun memeiliki kekuasaan yang mutlak.
2. Kepercayaan
masyarakat Mesir Kuno bercirikan : Polytheisme (memuja banyak dewa), Memuja
binatang-binatang tertentu
3.
Peninggalan budaya berupa piramida, spinx, kuil dll
4. Ilmu
pengetahuan Mesir Kuno telah berkembang pesat. Mereka telah mengenal ilmu
Astronomi, ilmu kimia, dan fisika, sistem kalender
KRITERIA PENGAMATAN
AKTIFITAS TIAP SISWA
DALAM DISKUSI DAN KERJA
KELOMPOK
Nama
Siswa : ........................................................
NO
|
INDIKATOR
|
NILAI
AKTIFITAS
|
SKOR
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1.
|
Kehadiran
|
||||||
2.
|
Aktifitas
mengemukakan pendapat dalam kelompok
|
||||||
3.
|
Aktifitas
dalam kerja kelompok
|
||||||
4.
|
Menunjukkan
hasil pekerjaan dalam kelompok
|
||||||
JUMLAH SKOR
|
Keterangan :
Kriteria skor
4
= sangat baik
3 = baik
2 =
cukup
1 =
kurang
Pusat Peradaban
Lembah Sungai Nil
1.
Lingkungan Alam
Mesir
terletak di Benua Afrika Utara. Wilayahnya merupakan gurun pasir, diantara
gurun pasi tersebut mengalirlah Sungai nil. Keberadaan sungai Nil membuat
lembah disekitarnya menjadi sangat subur. Peradaban mesir Kuno tumbuh dan
berkembang di sepanjang sungai Nil.
2.
Sistem Pemerintahan
Mesir
Kuno diperintah oleh seorang raja yang bergelar Pharao's (Fir'aun),
Rakyat menganggap raja adalah seorang dewa yang diutus untuk memerintah dunia.
Fir'aun memeiliki kekuasaan yang mutlak.
3.
Sistem Kepercayaan
Kepercayaan
masyarakat Mesir Kuno bercirikan :
1. Polytheisme (memuja banyak dewa)
Dewa tertinggi Dewa Ra (Dewa Matahari) , Osiris (Dewa Maut),
Isis (Dewa Kesuburan)
2.
Memuja binatang-binatang tertentu seperti : Apis (Sapi
Jantan), Ibis (Burung bangau)
3.
Mummi
4.
Peninggalan Budaya
Seni
Bangunan (Arsitektur)
a)
Piramida : Bangunan segi empat
kerucut yang digunakan sebagai tempat menyimpan jenazah raja-raja Mesir kuno.
b)
Spinx : Patung berbadan Singa berkepala manusia.
Digunakan sebagai penjaga piramida
c)
Obelisk : Tugu yang terbuat dari batu granit berwarna
merah berbentuk runcing dan segi tiga
d)
Kuil, Medinet
Ilmu
Pengetahuan
Ilmu
pengetahuan Mesir Kuno telah berkembang pesat. Mereka telah mengenal ilmu
Astronomi, ilmu kimia, dan fisika, sistem kalender.
Tulisan
Tulisan Mesir Kuno dikenal dengan nama Hieroglyph,
artinya huruf suci yang dipahat. Tulisan ini berbentuk lambang atau gambar.
RPP yang saya buat beberapa tahun yang lalu semoga bermanfaat...
No comments:
Post a Comment
Terimakasih telah berkunjung di blog saya.. silahkan tinggakan komentar