Saturday, 13 July 2013

RPP SEJARAH (Pusat Perdaban Lembah Sungai Nil)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                                  : SMA 
Mata Pelajaran                      : Sejarah
Kelas / Semester                    : X / 2
Alokasi Waktu                        : 45 menit
Standar Kompetensi               : Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia.
Kompetensi Dasar           : Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang  berpengaruh terhadap peradaban Indonesia.
Indikator                               :
Kognitif
1.  Menjelaskan pusat-pusat peradaban di lembah sungai Nil
Kinerja/produk
1. Mendeskripsikan bentuk kebudayaan Mesir Kuno
Psikomotorik
1. Melakukan pengamatan dalam buku tentang cara membuat mummi
Tujuan Pembelajaran
Setelah pelajaran berakhir dengan buku tertutup siswa dapat :
1. Menjelaskan pusat-pusat peradaban di Lembah Sungai Nil
2. Mendeskripsikan bentuk kebudayaan Mesir Kuno baik itu sistem pemerintahan, kepercayaan, budaya, dan kesenian.
Melalui penugasan diharapkan :
1. Siswa dapat mengetahui cara pembutan Mummi
Materi Pembelajaran
“Pusat peradaban di Lembah Sungai Nil”
materi terlampir
 Metode Pembelajaran : Ceramah, Pemberian Tugas, diskusi dan presentasi.
Langkah-langkah Kegiatan

a.       Kegiatan Awal
  • Apersepsi : Memberi Pertanyaan tentang kebudayaan dan peradaban
  • Motivasi : menunjukkan gambar-gambar peninggalan kebudayaan Mesir Kuno
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini
b.      Kegiatan Inti
  • Penjelasan awal tentang bentuk kebudayaan dan peradaban di lembah sungai Nil
  • Membagi siswa menjadi 4 kelompok
- Kelompok 1 membahas tentang Sistem Pemerintahan Mesir Kuno
- Kelompok 2 membahas tentang Sistem kepercayaan Mesir Kuno
- Kelompok 3 membahas tentang Peninggalan Budaya Mesir Kuno
- Kelompok 4 membahas tentang Ilmu Pengetahuan Mesir Kuno
  • Diskusi 
Masing-masing kelompok dengan tema yang berbeda menyajikan hasil pembahasan materi. Presentasi wakil satu kelompok yang lain saling melengkapi.
c.       Penutup :
1. Memberikan pembahasan terhadap hasil diskusi
2. Menyimpulkan materi
3. Memberi tugas untuk mencari dan mengamati di berbagai sumber baik itu buku, internet dll mengenai cara pembuatan Mummi.

Alat/Bahan/Sumber/Media Belajar:
       1. Alat : Gambar-gambar hasil peninggalan Mesir Kuno
       2. Sumber : Buku pelajaran sejarah Sma kelas X
       3. Media Belajar : Power point

Penilaian                    :          
1.      Tes Lisan (Penilaian Kognitif)
2.      Penilaian kinerja berupa laporan pengamatan pembuatan Mummi
3.      Penilaian psikomotorik yaitu proses dalam kerja kelompok dan diskusi (petunjuk kegiatan dalam LKS)
                                                                                      

Indikator
Tujuan Pembelajaran
Lembar Penilaian  dan Butir Soal
Kunci Lembar Penilaian
Menjelaskan pusat peradaban di Lembah Sungai Nil
Siswa dapat menjelaskan pusat peradaban di Lembah sungai nil
Tes lisan dalam RPP
Kunci jawaban dalam RPP
Mendeskripsikan bentuk kebudayaan mesir kuno
Siswa dapat mendeskripsikan bentuk kebudayaan mesir kuno baik itu sistem pemerintahan, kepercayaan, budaya, dan kesenian.
Tes kinerja dalam RPP
Kunci jawaban dalam RPP
Melakukan pengamatan dalam buku tentang cara membuat mummi
Siswa dapat mengetahui cara pembutan Mummi
Tes kinerja dalam RPP
Kunci RPP


TES LISAN

1. Mengapa negeri Mesir dijuluki sebagai “  hadiah sungai nil”?


SOAL  DISKUSI KELOMPOK

1. kelompok 1 membahas tentang Sistem Pemerintahan Mesir Kuno ?
2. Kelompok 2 membahas tentang Sistem kepercayaan Mesir Kuno ?
3. Kelompok 3 membahas tentang Peninggalan Budaya Mesir Kuno ?
4. Kelompok 4 membahas tentang Ilmu Pengetahuan Mesir Kuno ?




KUNCI JAWABAN
Tes Lisan
1. Karena daerah ini subur dengan adanya sungai nil
Diskusi
1. Mesir Kuno diperintah oleh seorang raja yang bergelar Pharao's (Fir'aun), Rakyat menganggap raja adalah seorang dewa yang diutus untuk memerintah dunia. Fir'aun memeiliki kekuasaan yang mutlak.
2. Kepercayaan masyarakat Mesir Kuno bercirikan : Polytheisme (memuja banyak dewa), Memuja binatang-binatang tertentu
3. Peninggalan budaya berupa piramida, spinx, kuil dll
4. Ilmu pengetahuan Mesir Kuno telah berkembang pesat. Mereka telah mengenal ilmu Astronomi, ilmu kimia, dan fisika, sistem kalender


KRITERIA PENGAMATAN AKTIFITAS TIAP SISWA
DALAM DISKUSI DAN KERJA KELOMPOK
Nama Siswa : ........................................................
NO
INDIKATOR
NILAI AKTIFITAS
SKOR
4
3
2
1

1.
Kehadiran





2.
Aktifitas mengemukakan pendapat dalam kelompok





3.
Aktifitas dalam kerja kelompok





4.
Menunjukkan hasil pekerjaan dalam kelompok






JUMLAH SKOR






Keterangan :
  Kriteria skor
         4 = sangat baik      
         3  =  baik
         2  =  cukup
         1  =  kurang

 
Pusat Peradaban Lembah Sungai Nil

1.        Lingkungan Alam
Mesir terletak di Benua Afrika Utara. Wilayahnya merupakan gurun pasir, diantara gurun pasi tersebut mengalirlah Sungai nil. Keberadaan sungai Nil membuat lembah disekitarnya menjadi sangat subur. Peradaban mesir Kuno tumbuh dan berkembang di sepanjang sungai Nil.
2.        Sistem Pemerintahan
Mesir Kuno diperintah oleh seorang raja yang bergelar Pharao's (Fir'aun), Rakyat menganggap raja adalah seorang dewa yang diutus untuk memerintah dunia. Fir'aun memeiliki kekuasaan yang mutlak.
3.        Sistem Kepercayaan
Kepercayaan masyarakat Mesir Kuno bercirikan :
1. Polytheisme (memuja banyak dewa)
Dewa tertinggi Dewa Ra (Dewa Matahari) , Osiris (Dewa Maut), Isis (Dewa Kesuburan)
2.    Memuja binatang-binatang tertentu seperti : Apis (Sapi Jantan), Ibis (Burung bangau)
3.    Mummi
4.      Peninggalan Budaya
Seni Bangunan (Arsitektur)
a)      Piramida : Bangunan segi empat kerucut yang digunakan sebagai tempat menyimpan jenazah raja-raja Mesir kuno.
b)      Spinx  : Patung berbadan Singa berkepala manusia. Digunakan sebagai penjaga piramida
c)      Obelisk  : Tugu yang terbuat dari batu granit berwarna merah berbentuk runcing dan segi tiga
d)     Kuil, Medinet

Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan Mesir Kuno telah berkembang pesat. Mereka telah mengenal ilmu Astronomi, ilmu kimia, dan fisika, sistem kalender.
Tulisan
 Tulisan Mesir Kuno dikenal dengan nama Hieroglyph, artinya huruf suci yang dipahat. Tulisan ini berbentuk lambang atau gambar.


RPP yang saya buat beberapa tahun yang lalu semoga bermanfaat... 




No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di blog saya.. silahkan tinggakan komentar