Saturday, 29 August 2015

PETUNJUK PELAKSANAAN PDGK4107 PRAKTIKUM IPA di SD


Pelaksanaan PDGK4107 Praktikum IPA di SD untuk mahasiswa Program S1 PGSD secara umum adalah sebagai berikut :
1.      Buku Materi Pokok yang digunakan adalah Mata Kuliah Praktikum IPA di SD (PDGK 4107) dilengkapi dengan dry lab yang dapat diakses melalui www ut ac id
2.      Setiap mahasiswa wajib melaksanakan 14 percobaan yang terdiri dari 10 percobaan bimbingan tutor  dan 4 percobaan mandiri  (pilih beberapa percobaan mandiri dari biologi dan fisika)
3.      Berikut adalah tabel dari rincian percobaan untuk setiap modul dan kegiatan belajar.
      Modul
Kegiatan Praktikum
Judul Percobaan
Jenis Percobaan
1. Makhluk Hidup
KP 1
Ciri-ciri Makhluk Hidup (Gerak pada Tumbuhan)
Bimbingan
KP 2
Simbiosis
Mandiri
KP 3
Pertumbuhan, Perkembangan, dan Perkembangbiakan Makhluk Hidup:
 1. Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan,
2. Pertumbuhan dan perkembangan hewan
Bimbingan
2. Makhluk Hidup dan Lingkungan
KP 1
Ekosistem (Ekosistem Darat)
Bimbingan
KP 2
Pencemaran Lingkungan  (Pengaruh deterjen pada Perkecambahan)
Bimbingan
3. Makanan
KP 1
Jenis Zat dalam Makanan
Mandiri
KP 2
Uji Makanan (Uji Karbohidrat, Uji lemak)
Bimbingan
KP 3
Pencernaan  Makanan
Mandiri
4. Mekanika
KP 1
Gaya
Mandiri
KP 2
Gerak
Bimbingan
KP 3
Pesawat Sederhana
Mandiri
5.Kalor Perubahan Wujud zat dan Perpindahan pada Suatu Zat
KP 1
Perubahan Wujud Zat
Mandiri
KP 2
Perpindahan dan Pertukaran Panas pada Suatu Zat
Mandiri
KP 3
Perubahan Panas pada uatu zat
Mandiri
6. Gelombang
KP 1
Jenis dan Bentuk Gelombang
Bimbingan
KP 2
Getaran dan Bunyi
Mandiri
KP 3
Telinga
Mandiri
7. Optik
KP 1
Sifat Cahaya
Bimbingan
KP 2
Lensa Cembung dan Cermin Cekung
Bimbingan
KP 3
Mata
Mandiri
8. Listrik dan Magnet
KP 1
Kelistrikan
Bimbingan
KP 2
Kemagnetan
Mandiri
9.Bumi dan Alam Semesta
KP 1
Udara dan Batuan
Mandiri
KP 2
Alam Semesta
Mandiri

4.      Jumlah pertemuan tutorial untuk pelaksanaan Praktikum IPA di SD sebanyak 8 kali pertemuan. Kegiatan pelaksanaan praktikum dilakukan  dimulai pada pertemuan tutorial ke-1 sampai dengan pertemuan ke-7. Sedangkan pada pertemuan tutorial ke-8 mahasiswa dapat mendiskusikan praktikum yang dianggap sulit oleh mahasiswa dan mengumpulkan laporan praktikum.
5.      Laporan praktikum disusun dengan tulis tangan asli (bukan fotokopi) dan dikelompokkan berdasarkan jenis percobaan (Bimbingan dan Mandiri).
6.      Langkah-langkah pemeriksaan Laporan Praktikum IPA di SD.
  1. Pemeriksaan laporan praktikum mengacu kepada Rambu-Rambu Penilaian Praktikum IPA di SD.
  2. Mempelajari rambu-rambu pemeriksaan laporan praktikum dengan cermat.
  3. Menilai laporan praktikum dan merekap nilai akhir praktikum  sesuai format terlampir.
  4. Menyerahkan semua rekap nilai praktikum kepada koordinator BBLBA disertai dengan 1) Lembar Penilaian Proses Bimbingan Praktikum IPA SD; 2)  Lembar Penilaian Laporan, Rerata Nilai Proses, Nilai Akhir Praktikum ; serta 3) Contoh Laporan praktikum dengan nilai tertinggi dan terendah.

7.      Penilaian laporan praktikum adalah sebagai berikut.
a.       Untuk percobaan bimbingan tutor ada penilaian proses maupun hasil praktikum (laporan praktikum).
b.      Untuk percobaan mandiri tidak ada penilaian proses.
c.       Nilai akhir mata kuliah praktikum = 70% nilai laporan (gabungan nilai Laporan Percobaab Bimbingan dan Laporan Percobaan Mandiri) dan  30% nilai proses Percobaan Bimbingan.
                                                                                 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di blog saya.. silahkan tinggakan komentar